banner here

Pengertian dan Fungsi Sistem Operasi (Operating System)

advertise here


Pada Postingan kali ini, saya akan sedikit menjelaskan Pengertian dan Fungsi sistem Operasi menurut beberapa buku yang saya baca. Yaa,, silahkan simak dengan seksama ..

OS (Operating System) atau bahasa kitanya Sistem Operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya hardware komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi software. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari software sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi booting.

Sistem Operasi merupakan suatu software yang sifatnya mendasar dan mutlak diperlukan untuk mengoperasikan komputer. Sistem Operasi merupakan kumpulan program yang dibuat oleh pabrik komputer dengan memperhatikan bentuk dan cara kerja hardware yang mereka miliki. Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua perangkat lunak yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi perangkat lunak terinstal.

Pengertian Sistem Operasi


Sistem Operasi berdasarkan American National Standart Institute (ANSI) adalah software yang mengontrol pelaksana program-program komputer, yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, mengontrol input dan output, melakukan perhitungan, komplikasi, penyimpanan, pengolahan data serta pelbagai bentuk layanan yang terkait.

Sistem Operasi menurut Sibsankar Haldar, Alex Alagarsamy Aravind dalam bukunya Operating System ialah sebuah software yang mengontrol semua sumber daya hardware dan secara efektif menyediakan kepada pengguna sebuah mesin software baru yang lebi nyaman untuk digunakan dari pada sumber daya hardware dasar.

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu.

Pengertian Sistem Operasi dari beberapa sudut pandang

Berikut Uraiannya :

1. Pengguna, Sistem operasi merupakan alat untuk mempermudah penggunaan komputer. Sistem ini dirancang dengan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan.

2. Sistem, berfungsi sebagai alat yang dapat menempatkan sumber daya secara efisien (Resource Allocator). Sistem Operasi merupakan pengatur sumber daya yang menangani konflik permintaan sumber daya secara efisien, serta eksekusi aplikasi dan operasi dari alat I/O. Sistem Operasi merupakan bagian program yang berjalan setiap saat tanpa henti dan disebut dengan kernel.

3. Tujuan sistem, berfungsi sebagai alat yang membuat komputer lebih nyaman digunakan untuk menjalankan aplikasi dan menyelesaikan masalah pengguna atau user.


Fungsi Sistem Operasi


Berikut ini merupakan fungsi utama Sistem Operasi secara umum, diantaranya :

1. Resource manager, merupakan pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya, Contoh: memori, CPU, Disk Drive dan perangkat lainnya.

2. Interface / tatap muka, yaitu sebagai perantara antara pengguna dengan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada pengguna yang lebih mudah dipahami dan bersahabat (user friendly).

3. Coordinator, mengkoordinasi dan menyediakan fasilitas sehingga aktifitas yang kompleks dapat diatur dan dapat diproses secara berurutan.

4. Guardian, menyediakan akses kontrol yang bertugas untuk melindungi file dan memberi pengawasan pada data dan program.
Gate Keeper, berfungsi sebagai pengendali hak akses oleh pengguna yang mengendalikan siapa saja yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.

5. Optimizer adalah penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunaan.

6. Accountant befungsi untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, dan waktu koneksi terminal.

7. Server berfungsi untuk melayani pengguna komputer.

Sumber
Google Books (Operating System) by Sibsankar Haldar, Alex Alagarsamy Aravind
http://www.blogsolu.com/2013/01/pengertian-sistem-operasi-komputer.html

Terima Kasih sudah Berkunjung di Blog Sederhana ini ...