banner here

Sejarah dan Jenis - jenis Sistem Operasi (Operating System)

advertise here

Yaa,, pada era modern seperti saat ini sudah banyak sekali jenis Sistem Operasi atau Operating System (OS) yang bisa kita gunakan berdasarkan kebutuhan dan keinginanan yang bisa disesuaikan demi mendukung segala bentuk kegiatan pekerjaan di komputer maupun perangkat bergerak seperti laptop, ipad, smartphone, handphone, dan lain sebagainya. Dimana Sistem Operasi merupakan sebuah program utama yang dapat mengelola perangkat pada komputer maupun perangkat lainya yang menyediakan layanan umum untuk menjalanakan berbagai perangkat lunak (software). Keberadaan Sistem Operasi ini merupakan sebuah keharusan, karena apabila pada suatu komputer, laptop atau gadget tidak terinstall sebuah sistem operasi, maka perangkat tersebut tidak akan bisa digunakan atau berfungsi sebagaimana mestinya. Seiring kemajuan teknologi yang terjadi seperti saat ini, telah banyak jenis Sistem Operasi yang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan komputer, maka pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis sistem operasi yang banyak digunakan pada masa kejayaanya. Namun sebelum menuju jenis Sistem Operasi mari kita simak sejarah singkat mengenai Sistem Operasi

Tahukah Anda ??

Sebelum tahun 1970, kita belum mengenal ada yang namanya sistem operasi. Walaupun komputer pertama diciptakan pada tahun 1941 oleh Conrad Zuse, tetap sistem operasi pertama kali diluncurkan pada tahun 1970 dengan nama GUI (Graphic User Interface) yang dikembangkan oleh para peneliti Xerox Palo Alto Research Center (PARC).


Sejarah singkat Sistem Operasi

Sejarah sistem operasi komputer dibagi kedalam 4 generasi yaitu :

1. Sistem operasi generasi pertama (Tahun 1945 - 1955).
Sistem operasi generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini belum ada yang namanya sistem operasi komputer, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

2. Sistem operasi generasi ke-dua (Tahun 1955 - 1965).
Sistem operasi generasi ke-dua memperkenalkan BPS (batch processing sistem) yaitu pekerjaan yang di kerjakan dalam satu rangkaian, lalu di eksekusi secara berururan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada.

3. Sistem operasi generasi ke-tiga (Tahun 1965 - 1960).
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana user atau penguna dapat berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi user (Digunakan oleh banyak penguna sekaligus). Dan multi programing (Melayani banyak program sekaligus).

4. Sistem operasi generasi ke-empat (Tahun 1980an - 2000an).
Dewasa ini sistem operasi digunakan untuk jaringan komputer, dimana user menyadari keberadaan komputer - komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain.

5. Sistem operasi generasi ke-lima (Tahun 2000an - Seterusnya)
Perkembangan yang terjadi pada komputer yang bukan hanya menunjukan pada perubahan prosesornya tetapi muncul dalam bentuk yang lebih mini, dalam bentuk chip mikro, terintegrasi dengan peralatan hidup sehari-hari dan dengan fungsi-fungsi yang khusus. Komputer berukuran kecil ini (nanocomputer) dapat ditemukan pada telepon seluler, alat permaianan (Playstation), TV, mobil, peralatan hiburan dan alat sensor.


Jenis - jenis Sistem Operasi

Berikut jenis-jenis sistem operasi berdasarkan perkembanganya.

Disk Operating System (DOS)
Sistem operasi ini merupakan keluarga sistem operasi yang banyak digunakan dikomputer pribadi pada era tahun 1975 yang pada saat itu digunakan di komputer pribadi pertama Altair. Sistem operasi ini masih menggunakan antar muka berbasis teks dengan tanda kesiapan menerima perintah dari pengguna yang disebut sebagai prompt.

Unix Oprating System www.unix.org/

UNIX merupakan OS yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, lalu dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX sengaja didesain sebagai OS yang portabel, Multi-Tasking dan Multi User. Sistem operasi ini lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan sistem operasi ini dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga dapat dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari Unix operating system ini.

Novell Operating System (NOS) https://www.novell.com

Sistem operasi ini merupakan sebuah sistem operasi jaringan yang menyediakan akses file remote transparan dan berbagai layanan jaringan terdistribusi, termasuk sharing printer dan dukungan untuk berbagai aplikasi seperti surat elektronik transfer dan akses database. Sistem operasi dikembangkan oleh Novell Corporation.

Windows Operating System http://windows.microsoft.com

Sistem operasi windows merupakan sistem operasi yang sudah menggunakan antar muka GUI (Graphical User Interface) yaitu mendukung antar muka dengan menggunakan garfik atau gambar, sehingga penggunaan komputer menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Sistem operasi ini dikembangkan oleh perusahaan Microsoft dan saat ini telah memiliki beberapa versi sistem operasi windows. Versi terbaru windows yang baru saja dirilis yaitu windows 10.

Machintos Operating System https://www.apple.com/

Sistem operasi machintos (MAC OS) merupakan sebuah sistem operasi komersil pertama dengan antar muka berbasis GUI (Graphical User Interface) khusus yang hanya bisa digunakan diperangkat produk Apple. Saat ini sistem operasi ini juga telah memiliki berberapa versi yang tersedia guna mendukung dan memanjakan para pengguna produk Apple.

Linux Oprating System www.linux.org/

Sistem operasi Linux pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvald, dimana sistem operasi ini merupakan sistem operasi open source yang memungkinkan pengguna untuk memodivikasi sistem secara keseluruhan. Karena sistem operasi ini bersifat open source, maka sistem operasi ini banyak dikembangkan oleh para pengembang sistem operasi sehingga menghasilkan beberapa distro linux yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang ingin dikerjakan menggunakan komputer.

Symbian Operating System http://symbian.nokia.com

Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang umumnya digunakan pada perangkat telepon seluler dan dikembangkan oleh perusahaan Symbian Ltd. Symbian merupakan sebuah perusahaan independen hasil dari kolaborasi perusahaan-perusahaan telepon seluler pada masa itu, yakni Nokia, Erricson, Motorola dan Psion. Saat ini sistem operasi ini juga telah memiliki banyak versi perkembangan sesuai dengan kebutuhan pasar.

BlackBerry Operating System http://id.blackberry.com/

Sama halnya dengan MAC OS, sistem operasi ini dikembangkan untuk digunakan khusus pada perangkat produk yang diproduksi oleh perusahaan BlackBerry saja. BlackBerry dikembangkan oleh sebuah perusahaan telekomunikasi asal Canada yaitu Research In Motion (RIM). Perusahaan ini menciptakan sebuah perangkat mobile dengan layanan push email dan terus berkembang hingga sampai saat ini BlackBerry menjadi smartphone yang banyak memiliki fungsi berteknologi tinggi seperti GPS, Wifi, Internet Mobile, dan lain sebagainya.

Android Operating System www.android.com/

Sistem operasi ini merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan Android Inc yang pada akhirnya dibeli oleh perusahaan internet raksasa Google Inc. Android merupakan sistem operasi pendatang baru yang memberikan lisensi open source bagi siapa saja yang ingin mengembangkan sistem operasi ini. Saat ini android dapat digunakan diberbagai perangkat mulai dari handphone hingga komputer sekalipun.


Sumber
http://www.blogbaca.com/2013/05/pengertian-dan-jenis-jenis-sistem-operasi.html#ixzz3PQOYuU4w
http://11241sugiarto.wordpress.com/2012/08/01/sistem-operasi-yang-pertama-kali-di-dunia/
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_sistem_komputer

Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Sederhana Ini ...