banner here

Cara Menyusun Tugas Akhir (Sistematika Penulisan dan Format Tugas Akhir) Part I

advertise here


Yaa, bagi anda yang sedang menyusun tugas akhir, artikel ini mungkin bermanfaat bagi anda. Silahkan simak dengan minum susu atau kopi di meja kerja atau meja belajar anda.

Setiap manusia yang mengambil jalan hidupnya dengan berkuliah di jurusan D3 (Diploma), mereka pasti akan bertemu dengan yang namanya Tugas Akhir atau bahasa terkenal dan terkerennya TA (dibaca Te Aa). Yaa, saya hanya sekedar share tentang apa yang saya lihat dan apa yang saya tahu, mungkin jika ada kesalahan didalamnya, anda bisa berkomentar di postingan ini.

Sistematika Penulisan dan Format Tugas Akhir


Dalam sistematika penulisan tugas akhir ada tiga bagian didalamnya, diantaranya Bagian Awal, Bagian Isi, dan Bagian Akhir. Berikut penjelasannya :

1. BAGIAN AWAL

Bagian awal mencakup halaman sampul depan, halaman judul, halaman persetujuan, halaman pengesahan, abstrak, halaman moto dan persembahan, riwayat hidup, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, daftar grafik, daftar diagram, daftar lampiran.

a. Halaman Sampul Depan
Pada halaman ini memuat beberapa isian, diantaranya Judul Tugas Akhir, Maksud dari Tugas Akhir, Lambang Perguruan Tinggi, Nama dan Nomor Induk atau Nomor Pokok Mahasiswa, serta Program Studi yang Dituju dan terakhir Waktu Pengajuan.

   - Judul Tugas Akhir, judul ini dibuat dengan singkat jika bisa, maksimum 20 kata, namun harus jelas dan menunjuk dengan tepat masalah yang hendak diteliti dan tidak membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam.
   - Maksud dari Tugas Akhir ialah menyusun Karya Tulis Ilmiah (D3) atau Skripsi (S1) dalam program studi tertentu.
   - Lambang Perguruan Tinggi, ini diambil dari perguruan tinggi anda dengan diameter disesuaikan dengan ketentuan perguruan tinggi masing-masing.
   - Nama dan Nomor Induk atau Nomor Pokok Mahasiswa ditulis lengkap sesuai yang dengan nama yang tercantum dalam ijazah SLTA/SMK/SMA atau pendidikan terakhir sebelumnya.
   - Program Studi yang Dituju adalah sekolah atau akademi yang diambil oleh anda.
   - Waktu Pengajuan, Tahun ujian Tugas Akhir ataupun Skripsi dan Tempat Nama Kota/Kabupaten/Provinsi.

b. Halaman Judul
Halaman judul berisi tulisan yang sama dengan halaman sampul depan tetapi dicetak diatas kertas putih (HVS ukuran A4 atau Quarto/Letter)

c. Halaman Persetujuan
Halaman ini berisi judul skripsi atau tugas akhir, nama dan nomor induk atau nomor pokok mahasiswa, program studi, komisi pembimbing, dan ketua program studi.

d. Halaman Pengesahan
Pada halaman ini dimuat judul skripsi atau tugas akhir, nama dan nomor induk atau nomor pokok mahasiswa, program studi, tim penguji, ketua program studi dan tanggal kelulusan.

e. Abstrak
Abstrak berfungsi memberikan gambaran secara singkat dan padat akan apa yang dijabarkan dalam skripsi atau tugas akhir, sehingga pembaca dapat memutuskan perlu tidaknya membaca keseluruhan skripsi. Jadi pada dasarnya abstrak berisi masalah yang akan dibahas dan bagaimana pendekatannya serta hasil yang dicapai. Kata kuncinya adalah kata yang akan digunakan untuk mencari buku pada katalog. Bila kata kunci itu dibaca akan segera mengingatkan orang tentang topik yang akan dibahas. Abstrak jangan melibihi dari 300 kata atau 1 halaman dengan spasi tunggal.

f. Halaman Moto dan Persembahan
Halaman ini berisikan kata-kata mutiara dan lain sebagainya yang dapat menjadi dorongan dan semangat, dan berisi ucapan terima kasih yang ditujukan kepada  orang-orang atau pihak yang ada di luar lingkungan kampus dan objek penelitian yang terlibat atau yang sangat membantu baik secara moril maupun materil dan penyusunan tugas akhir atau skripsi ini.

g. Riwayat Hidup
Halaman ini berisi data mengenai tempat dan tanggal lahir, nama kedua orang tua, riwayat pendidikan dan lainnya.

h. Kata Pengantar
Halaman kata pengentar ini mengandung uraian singkat tentang maksud skripsi atau tugas akhir, penjelasan  dan ucapan terima kasih kepada pihak yang dilingkungan kampus dan objek penelitian. Dalam kata pengantar ini tidak terdapat hal-hal yang bersifat ilmiah.

i. Daftar Isi
Daftar isi dimaksudkan untuk memberikan gambaran secara menyeluruh tentang sistematika tugas akhir dan sebagai petunjuk bagi pembaca yang ingin langsung melihat suatu bab. Di dalam daftar isi tertera  urutan judul bab, judul sub bab, judul anak sub bab disertai dengan nomor halamannya. Bahan-bahan sebelum kata pengantar tidak dicantumkan.

j. Daftar Tabel
Daftar tabel ini memuat urutan judul tabel beserta dengan nomor halamannya. Daftar ini sifatnya opsional yaitu apabila didalam tugas akhir yang dibuat terdapat banyak tabel yang perlu diberikan pedoman bagi pembaca.

k. Daftar Gambar
Daftar gambar berisi  urutan gambar dan nomor halamannya. Perlu tidaknya suatu gambar tersendiri, sama persyaratannya dengan daftar tabel.

l. Daftar Lampiran
Sama halnya dengan daftar tabel  dan daftar gambar, daftar lampiran dibuat bila tugas akhir dilengkapi dengan lampiran yang banyak dan isinya ialah judul lampiran dan nomor  halamannya.


Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Sederhana Ini ..