banner here

Sejarah phpMyAdmin

advertise here


Yaa,, setelah membaca artikel di http://ilmukomputer.org/ saya tertarik dengan sebuah artikel yang berjudul Sejarah phpMyAdmin, yayaa, yaaaa ... saya kira akan panjang artikelnya, ternyata memang agak panjang juga, heheh ... tapi setelah saya cari - cari lagi di Google ternyata di Wikipedia ada artikel serupa, saya jadi tambah tertarik dengan Sejarah phpMyAdmin ini ...

Sebelum ke Sejarah phpMyAdmin mari kita simak pengertiannya terlebih dahulu, phpMyAdmin merupakan perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui World Wide Web. phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, fields, relasi, indeks, pengguna, permissions, dan lain-lain).

Ada pengertian lain tentang phpMyAdmin adalah sebuah aplikasi web yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sebagaimana aplikasi-aplikasi lain untuk lingkungan web (aplikasi yang dibuka menggunakan peramban atau browser), phpMyAdmin juga mengandung unsur HTML/XHTML, ...

Sejarah Singkat phpMyAdmin


Sebelum adanya phpMyAdmin para pengelola database harus mengelola database melalui perintah command text. Pada Linux menggunakan terminal, sementara pada windows menggunakan command prompt. Karena MySQL adalah sistem manajemen database RDBMS tanpa GUI untuk mengelolanya. Semakin berkembangnya penggunaan MySQL memicu pihak pengembang ketiga untuk mengembangkan sistem GUI grafis untuk melakukan manajemen database pada MySQL.

Pengembangan phpMyAdmin dimulai pada tahun 1998 oleh Tobias Ratschiller seorang konsultan IT. Ratschiller mengerjakan sebuah program bernama MySQL-Webadmin dengan bebas, yang merupakan produk dari Petrus Kuppelwieser, yang telah berhenti mengembangkannnya pada saat itu. Ratschiller menulis kode baru untuk phpmyadmin, dan ditingkatkan pada konsep dari proyek Kuppelwiesser. Ratschiller meninggalkan proyek phpMyAdmin pada tahun 2001. Sekarang, Sebuah tim dari delapan pengembang yang dipimpin oleh Oliver Muller meneruskan pengembangan phpMyAdmin di SourceForge.net.

Tobias Ratschiller
Sejak versi 3.0.0, phpMyAdmin bergabung dengan GoPHP5 dan bisa menciptakan kompatibilitas kode dengan versi PHP dan MySQL lama. Versi 3 ke atas memerlukan setidaknya PHP 5.2 dan MySQL 5. PhpMyAdmin pernah memenangkan beberapa penghargaan, diantaranya sebagai aplikasi berbasis PHP terbaik serta mendapatkan predikat sebagai "Tool terbaik untuk SysAdmins" dari komunitas SourceForge.net. Hingga kini PhpMyAdmin telah dikembangkan lebih dari belasan tahun dan secara konsisten memperbaiki kualitasnya.

Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Sederhana Ini ..