banner here

Pengertian Ext Js (Ext Js - Pure Javascript) - Salah Satu Pemrograman Javascript

advertise here


Pengertian Extjs

Ext Js adalah JavaScript library yang powerfull yang dapat menyederhanakan pembangunan aplikasi berbasis AJAX yang condong ke RIA (Rich Internet Aplication). Selain mempermudah proses request dan response secara asynchronous, ExtJS juga menyediakan komponen-komponen yang bisa kita gunakan untuk membangun antarmuka aplikasi web. Komponen-komponen yang disediakan juga sangat banyak seperti tombol, grid, tab, tree, menu dan lainnya. Sebenarnya Ext ini bukan hanya sekedar JavaScript Library, karena Ext ini dapat dipadukan dengan JavaScript Library lainnya dengan menggunakan Adapter.

ExtJs terkenal sebagai framework javascript yang kaya komponen UI, namun bagaimana pun juga cara meletakan komponen ExtJS di browser tidak semudah menempelkan komponen di vb (Visual Basic) atau swing (Java Dekstop), Kita harus menuliskan sederetan object JSON di sana. Nah untuk hal-hal seperti ini, akan lebih baik jika kita memiliki class yang dikonfigurasi terlebih dahulu sehingga kita tidak perlu menuliskan hal yang sama berulang-ulang.

ExtJS dapat dijalankan pada semua web browser yang populer saat ini dengan tampilan yang sama antar browser (cross browser). Beberapa browser yang mendukung ExtJS Versi terbaru (Ext Js 5.0)diantaranya :

1. Safari Versi 6

2. Mozilla Firefox Versi Terbaru

3. Internet Explorer Versi 8

4. Google Chrome Versi Terbaru

5. Opera Versi 12

Ext Js di mobile juga sudah support diantaranya :

1. Safari di iOS versi 6 dan 7

2. Google Chrome di Android 4.1 keatas

Terima Kasih Sudah Berkunjung di Blog Sederhana Ini ..